Sejarah Olahraga Sepak bola di Dunia

Sejarah Olahraga Sepak bola di Dunia

Sejarah Olahraga Sepak bola di Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga yang satu ini? Olahraga yang bersikan 11 pemain di tiap tim nya ini, memang menjadi salah satu olahraga yang banyak di minati para kaum laki-laki terutama.

Adapun bola yang digunakan dalam permainan sepak bola, umumnya memiliki bahan dasar kulit, dan tiap-tiap orang dalam tim akan memperebutkan bola untuk bisa memasukannya kedalam gawang lawan.

Sepak bola sendiri mulai dikenal sejak abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi, di Tiongkok. Pada masa itu, masyarakat memainkan sepak bola dengan menggiring bola kulit dan menendangnya masuk kedalam sebuah jaring.

Permainan ini juga sempat dimainkan di Jepang, hanya saja memiliki nama lain Kemari. Sebelum akhirnya di abad ke 16, permainan sepak bola mulai di gemari di Italia.

Namun, berkembangnya sepak bola modern saat ini mulai berkembang terlebih dahulu di Inggris. Mereka mulai menetapkan peraturan dasar dalam permainan sepak bola, hingga akhirnya digemari oleh banyak orang.

Tetapi, di tahun 1365 permainan ini harus di hentikan oleh Raja Edward III dan Raja James I dari Skotlandia, karena banyaknya kekerasan, ketika kompetisi sepak bola ini berlangsung.

Waktu terus berjalan seperti semestinya. Sampai akhirnya pada tahun 1815, sepak bola mengalami perkembangan yang sangat besar. Sehingga menjadi sangat tenar di lingkungan Universitas dan Sekolah. Dan akhirnya menjadi sebuah trend pada saat itu.

Hingga akhirnya, pada tahun 1863, sepak bola modern mengalami perkembangan yang sangat besar untuk kedua kalinya. Hal ini terjadi di Freemasons Travern, dimana ada sekitar 11 Club sepak bola dari sekolah saling berkumpul dan menentukan aturan baku dalam permainan sepak bola.

Hal ini, akhirnya menjadi sebuah kesepakatan bersama, yang membuat permainan sepak bola memisahkan diri daripada olahraga rugby, yang pada saat itu memiliki cara main yang berbeda.

Semenjak itu, akhirnya sepak bola menjadi salah satu olahraga yang cukup menarik perhatian masyarakat, mulai dari pelaut, pedagang, ataupun tentara inggris.

Hingga pada tahun 1904, Asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) terbentuk. Dan mulai banyak teradi kompetisi sepak bola yang muncul di tahun 1900-an, hingga sampai saat ini.