Apa saja Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung?

Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung

Apa saja Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung?

Mendaki gunung atau sering dikenal dengan Hiking, adalah salah satu olahraga atau hobi yang rata-rata disukai, dan dilakukan oleh pria. Namun, para wanita juga tidak tertulis untuk tidak boleh melakukan hiking. Tentunya tidak dengan seorang diri ya.

Adapun hiking yang dilakukan, memiliki tujuan untuk menikmati pemandangan dan juga pesona alam yang indah, dari ketinggian gunung yang berbeda beda pastinya. Meskipun melelahkan, rasa lelah itu akan terbayar ketika sudah mencapai puncak.

Tentunya, hal ini tak lepas dari persiapan dan juga keselamatan sebelum mendaki, atau bahkan ketika sedang mendaki. Maka tak heran jika banyak para pendaki yang mempersiapkan segalanya, sebelum melakukan pendakian.

Lantas, apa saja kah persiapan penting yang harus di siapkan sebelum mendaki gunung?

 

Membawa Peralatan Safety First

Iya, hal ini masuk dalam poin pertama yang harus dipersiapkan. Sebelum mendaki, pastikan kalian sudah membawa peralatan safety yang memang tidak boleh terlupa. Seperti misalnya obat-obatan, gunting, pisau, senter, powerbank, dan segala macamnya.

Hal ini sangat berguna ketika berada didalam kondisi darurat, ataupun kondisi genting sekalipun.

 

Membawa Botol Minum Reusable

Penting gak? Jelas penting! Selain menjadi seorang pendaki untuk menjalankan hobi, menjaga kebersihan lingkungan terutama gunung juga penting. Mengapa demikian?

Sebab, jika kamu hanya membawa botol minum kemasan yang tidak bisa digunakan kembali, tentunya kamu akan membuangnya begitu saja. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Sebab, alih alih mencintai alam dan lingkungan, kali malah mengotori alam dan lingkungan.

 

Membawa Trash Bag / Kantong Sampah

Tak masalah kamu membawa cukup makanan serta camilan untuk dinikmati ketika berada didalam tenda. Namun, jangan lupa untuk membawa trash bag / kantong sampah berukuran besar, untuk mengumpulkan sampah-sampah dari bungkus makanan yang kamu makan tadi. Cinta alam kan? Dijaga dong, jangan dikotori.

Dengan kamu membawa Trash Bag, kamu bisa membawa pulang sampah mu setelah selesai mendaki, bukan malah meninggalkannya begitu saja.

 

Membawa Asbak Portable

Kamu seorang perokok? Jika iya, rasanya kamu butuh deh membawa asbak ‘portable’ ketiak mendaki. Gunanya untuk apa? Jelas, untuk mengumpulkan puntung-puntung rokok yang kamu hisap sebelumnya. Untuk itu, kamu bisa menggunakan toples berbahan kaca dengan ukuran kecil, sebagai asbak portable mu.

Jangan buang putung rokok sembarangan, karena kita tidak akan tau, hal buruk apa yang terjadi dari sebuah puntung rokok yang masih menyala dan dibuang sembarangan.